Bagaimana Menabung Untuk Membeli Rumah dengan Gaji Kecil

Preparing Download


Tips Menabung Untuk Membeli Rumah – Berpikir untuk membeli rumah, tetapi masih ragu dengan gaji Anda? Tenang saja, besaran gaji yang dimiliki tiap orang itu relatif, kok.

Ketika gaji yang Anda peroleh lebih besar dari sekarang, mungkin pengeluaran juga akan meningkat. Jadi, jika sudah terlanjur memutuskan untuk membeli rumah, sebaiknya jangan putus asa.

Cara menabung untuk membeli rumah dengan gaji kecil adalah cara yang sulit untuk mengumpulkan uang, tetapi pada dasarnya sama dengan menyisihkan tabungan biasa.

Cuma itu, harus dimaknai lebih kuat karena nominalnya pasti lebih besar. Simak tips menabung berikut agar tujuan pembelian rumah Anda bisa tercapai tepat waktu.

Tips Menabung Untuk Membeli Rumah

1. Menerapkan Manajemen Keuangan Yang Ketat

Seperti menabung untuk membeli barang lain, pengaturan keuangan harus diatur sesuai dengan pendapatan yang Anda miliki.

Pastikan untuk memenuhi persyaratan dasar dengan hati-hati. Jangan korbankan kebutuhan dasar untuk menyisihkan tabungan, ya. Namun, usahakan memiliki nilai nominal terbesar dibandingkan tabungan lainnya.

2. Sisihkan Tabungan Secara Konsisten

Jika merasa sulit untuk menyisihkan uang dalam jumlah besar, pertahankan konsistensi dalam menabung setiap bulannya.

Hal ini akan memastikan target tabungan untuk membeli rumah dapat tercapai. Akan lebih baik jika ada kesempatan lebih besar untuk menabung.

Tidak perlu memaksakan diri, tetapi selalu ingat untuk menyisihkan tabungan terpisah secara konsisten.

3. Investasi dalam Aset Likuid Yang Stabil

Bagi yang sering menggunakan tabungannya secara tidak sengaja, cobalah beralih ke tabungan dalam bentuk investasi.

Kini, berinvestasi semakin mudah dan dapat disesuaikan dengan profil risikonya. Investasi pada aset emas dan reksa dana pasar uang akan relatif lebih stabil atau bahkan nilainya meningkat.

Namun, pembayaran membutuhkan proses, tidak seperti menggunakan kartu ATM untuk rekening tabungan. Jadi, belanja mendadak bisa lebih terkontrol.

4. Menemukan Penghasilan Tambahan

Daripada mengurangi pengeluaran yang membuat Anda tersiksa setiap bulan, lebih baik cari peluang untuk mendapatkan uang tambahan.

Lakukan beberapa hal sederhana seperti memasak, bertani, atau mungkin jasa fotografi yang bisa dijual di waktu senggang Anda.

Hal seperti ini cukup efektif untuk menambah penghasilan, lho. Jadi, akan ada lebih banyak uang yang bisa disisihkan untuk membeli rumah.

5. Sisihkan 20-30% dari pendapatan

Membeli rumah bisa dibayar dengan mencicil, tapi uang muka akan membuat langkah maju terasa jauh lebih mudah.

Nominal yang direkomendasikan untuk tabungan rumah adalah 20-30 persen dari pendapatan. Namun, jika jumlahnya terlalu besar, bisa disesuaikan dengan situasi masing-masing, ya!

6. Sesuaikan Kemampuan Membeli Rumah

Pepatah “Rumahku, istanaku” bukan berarti kamu harus membeli rumah seperti kastil, lho. Rumah akan tetap terasa seperti istana jika hidup Anda tanpa beban.

Mungkin salah satunya adalah situasi keuangan bebas hutang atau sesederhana cicilan saat ini. Jadi, pastikan tujuan rumah yang ingin Anda beli sesuai dengan kemampuan menabung, ya!

7. Mulailah Menabung Sesegera Mungkin

Kapan waktu yang tepat menabung untuk membeli rumah? Tidak ada waktu yang tepat, tetapi semakin cepat semakin baik.

Beberapa orang berpikir untuk membeli rumah ketika mereka menikah, yang lain ingin tinggal di apartemen setelah mereka memiliki pekerjaan. Ya, keduanya masih perlu dibeli. Jadi, hematlah secepatnya jika Anda memiliki tekad untuk membeli rumah.

Yuk, jangan merelakan jumlah gajinya untuk mulai menabung. Sambil mencari rumah idaman, Anda juga bisa mulai menabung. Semoga target penghematan tercapai tepat waktu ya!

Leave a Comment